RSS

Resume film Pirates from Silicon Valley

28 Mar

Pirates From Silicon Valley

Pirates from Silicon Valley merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata perjalanan karir Bill Gates dan Steve Jobs. Film ini menceritakan persaingan antara Bill Gates vs Steve Jobs. Selain itu, film ini juga banyak menceritakan tentang sifat pribadi dari masing-masing tokoh terkenal itu. Steve yang sangat emosional dan selalu bersikap seenaknya sendiri, selalu menuntut loyalitas berlebih dari para pegawainya. Steve memaksa programmernya untuk bekerja selama 24 jam non-stop. Bila ia mendapati programmernya tertidur, maka Steve tak segan-segan untuk memaki sang programmer. Sedangkan Bill Gates digambarkan sebagai seorang yang lugu dan pemalu.

Sebenarnya DOS adalah merek dagang yang diciptakan oleh Bill Gates atas sebuah sistem operasi (OS) yang ia beli dari seorang programmer yang tak diketahui namanya. Kemudian oleh Bill Gates, OS tersebut dijual kembali per-lisensi kepada banyak perusahaan pembuat komputer. IBM adalah perusahaan pertama yang tertarik untuk menggunakan DOS pada produk mereka.

Disaat Bill Gates sibuk berdagang DOS, Steve Jobs dengan perusahaannya Apple semakin berkibar setelah membeli “mouse” dari perusahaan kecil bernama Xerox. Saat itu, Steve mendengar kabar bahwa Xerox menemukan sebuah teknologi yang bernama GUI. Hal ini membuatnya penasaran. Karena takut didahului oleh kompetitor, ia kemudian dengan cepat mendatangi markas Xerox. Berkilah untuk mengajak bekerjasama, Steve meminta Xerox untuk mempraktekkan dan menjelaskan secara detail dari teknologi GUI yang menggunakan “mouse” itu.

Sejak saat itu, mereka berhasil menciptakan personal komputer berteknologi GUI. Apple semakin terkenal dan menggeser dominasi IBM yang menggunakan DOS. Mereka kemudian menjadi perusahaan produsen komputer terbesar didunia.

Kesuksesan Apple ternyata membuat Bill Gates tertarik untuk bekerja disana. Ia lalu mendatangi markas Apple untuk melamar pekerjaan sebagai programmer. Disana, ia bertemu dan diwawancara oleh Steve Jobs. Mungkin karena ia dikenal sebagai pencipta DOS, sehingga Steve percaya dan menerima lamarannya.

Setelah Bill Gates menjadi bagian dari Apple, ternyata ia mencuri prototype yang sedang dikembangkan Apple. Ia lalu mengembangkan hasil curian tersebut tanpa sepengetahuan Steve Jobs.

Lambat laun, akhirnya Steve Jobs pun mengetahuinya. Ia mendapat kabar bahwa di Jepang sudah beredar komputer dengan program yang mirip dengan prototype Apple itu. Program tersebut tak lain adalah Microsoft Windows. Hal ini membuat Steve sangat marah. Setelah itu Steve menyuruh Bill Gates untuk menemuinya. Steve mencoba mempertanyakan hal itu namun Bill Gates behasil mengelabuhinya dengan kejeniusan yang ia miliki. Setelah kejadian itu semua, Bill Gates mengundurkan diri dari Aplle Computer, inc. dan Mulai membangun Microsoft Corp. kemudian Microsoft Windows pun semakin berkembang.

Pada ulang Tahun Steve yang ke-30 para kawan lama datang menghadirinya dan John Sculley memberikan satu sulangan untuknya. Namun, 3 bulan kemudian John Sculley memecat Steve dari Aplle.

Tahun 1997 Steve Jobs kembali bergabung dengan Apple. Hingga pada akhirnya, beberapa tahun kemudian Microsoft Corp. memiliki saham di Apple Computer, Inc.

Dan  Bill Gates  sekarang telah menjadi orang terkaya di dunia.

Makna yang terkandung dalam film :

  • Untuk bertahan dalam sebuah bisnis buatlah orang lain membutuhkanmu,karena dengan begitu kita akan mendapatkan mereka. .
  • Bukan produk yang baik yang dapat memenangkan pasar, tapi produk paling inovatiflah yang lebih menguasai.
  • Untuk menjadi sukses, tidak harus memulai segalanya dari NOL. Paull Allen membeli DOS dari seorang kenalannya hanya seharga $50.000. dan mereka mendapatkan jutaan dolar karena menjualnya kembali.

 

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 28, 2011 in Technopreneuship

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: